Langsung ke konten utama

Sama-sama Nama, Sama-sama Apes!

Di sekolah, kalian pastinya punya kakak kelas, adik kelas, teman atau bahkan guru dengan nama yang sama antara satu dengan yang lain. Misalkan saja nama-nama mainstream seperti Dwi, Nurul, Putri, Fitri, Yuli dan lain-lain.

Saya salah satu dari murid yang punya kesamaan nama di sekolah. Saat itu, saya sudah SMA. Biasanya nama sama, belum tentu nasib kita sama. Tapi kali ini, saya dan orang ini sama-sama apes.

Saat itu saya kelas 2 SMA, sementara dia kakak kelasku. Dia sudah kelas 3. Tidak hanya dari segi nama, kami punya kesamaan lain di berbagai sisi. Kami sama-sama perempuan, sama-sama jurusan IPS, dan sama-sama mengikuti perlombaan Ekonomi.

Dari sinilah kisah itu bermula. Punya nama sama ketika kami melakukan pertemuan dengan guru, dibuatlah perbedaan itu. Saya dikenal dengan Alfi Ramadhany, dan dia sebut saja "Cantik".

Cantik sudah lebih dulu mengikuti perlombaan Ekonomi itu, sehingga beberapa kali saya diminta untuk belajar dari dia. Karena saya juga jurnalis sekolah, ketika dia lolos ke tingkat nasional bersama timnya, saya pun membuat berita dan mewawancarainya. Sejak saat itu saya dan cantik akrab, terlebih lagi dia juga berpacaran dengan teman sekelas saya.

Setahun berlalu, saya kelas 3 SMA. Cantik sudah lulus sekolah dan masuk universitas negeri di Samarinda tanpa tes. Dia memang pintar, prestasinya pun banyak. Jadi wajar saja jalur undangan yang didapatkannya bisa meloloskannya.

Sejak Cantik kuliah, saya tidak banyak berkomunikasi dengan dia. Paling-paling hanya tahu kabarnya dari media sosial atau dari pacarnya yang masih menjadi teman sekelas saya.

***

Setahun kemudian, nasib saya lagi-lagi sama seperti Cantik. Saya lolos di universitas negeri di Samarinda tanpa tes. Tapi fakultas kami berbeda. Cantik memilih bidang Ekonomi, sementara saya ingin menggali lebih dalam tentang ilmu komunikasi.

Lolos di Samarinda membawa saya dan Cantik kembali intens berkomunikasi. Saya sempat meminta tolong dicarikan kost-kostan dengan Cantik. Meskipun bukan kost-kostan rekomendasinya yang akhirnya saya tempati.

5 Juni 2012, saya datang dari Tarakan ke Samarinda bersama beberapa teman. Ketika saya sudah lolos tanpa tes dan harus melakukan verifikasi data saat itu, teman-teman saya berjuang untuk seleksi masuk perguruan tinggi.

Tidak ada yang merasa akan punya nasib buruk ketika kami bersama-sama memulai perantauan. Hingga suatu saat, Cantik menghubungiku untuk meminta bantuan. Saat itu saya sedang santai-santai saja di kost bersama Jayanti, Syabira dan Daniyati.

"Alfi, bisa minta tolong?" tanyanya lewat sms.

"Minta tolong apa, Kak?"

"Aku mau balik ke Tarakan, ada acara. Ternyata pas juga ada ujian mendadak. Kamu bisa gantiin kah?"

"Memangnya gak papa digantiin gitu? Kalau ketahuan?" tanyaku yang saat itu masih polos ala calon mahasiswa baru.

"Gak papa. Nanti kamu dibantuin sama teman-temanku. Mahasiswanya satu kelas itu banyak,.jadi gak mungkin juga dosennya ngenalin muka kita," katanya.

Dengan rencana yang matang, dan perasaan penasaran menjadi mahasiswi. Saya menerima permintaan tersebut. Saya gantikan Cantik diujiannya hari itu, dan orang lain menyebutnya "joki ujian".

Pagi-pagi saya dijemput teman-temannya. Saya diberi kertas kartu ujian, dan tempat duduk jauh di belakang agar tidak banyak yang menyadari kehadiran saya. Teman-teman Cantik pun duduk di sekitar saya, kalau-kalau saya merasa kesulitan menjawab saya bisa menyontek.

Tapi hari itu, ujiannya Bahasa Indonesia. Soalnya cukup mudah. Saya menulis dan menjawab sebisa saya dengan percaya diri. Sebelum akhirnya, giliran saya menandatangi absensi. Daftar absen itu ada di atas meja saya, saya mencari nama Cantik di kertas itu bolak-balik, tapi saya tidak melihatnya sama sekali. Hingga akhirnya pengawas ujian mendatangi meja saya dan curiga.

"Kenapa? Masa gak hapal NIMnya? Mana kartu ujiannya?"

Ampun deh deg-degan! Di kartu itu, foto Cantik tertempel dengan jelas, dan saya bukan dia.

"Ini nih, tanda tangan. Jangan-jangan lain kamu lagi ni!"

Pengawas itu bikin saya tersentak. Dia pun menyadari.

"Iya, lain kamu kan ini? Ikut saya ke ruang dekan!" perintahnya.

Saya hanya bisa terdiam dengan peristiwa yang baru saja saya alami. Tidak terlintas sedikitpun jika hari itu menjadi kejutan yang tak diinginkan.

"Kamu semester berapa? Kok bisa jadi joki?"

Tanya seorang wanita paruh baya di hadapan saya. Ternyata wanita ini seorang dekan. Saya mulai diinterogasi saat itu.

"Baru mau kuliah, Bu"

"Loh? Kok bisa?"

Saya pun menceritakan kronologis mengapa saya bisa sampai berada di sini. Sementara Cantik, yang saat itu berada di Tarakan, merasa bersalah. Saya bahkan menceritakan bahwa saya juga calon mahasiswa baru di fakultas sebelah yang diterima melalui jalur undangan.

Sepertinya saya terlalu detail menceritakan latar belakang saya dan Cantik. Hingga akhirnya, kami pun harus menerima hukuman. Cantik di skorsing selama 1 semester, dan saya harus berlapang dada dengan dibatalkannya jalur undangan saya meskipun telah melakukan verifikasi.

Akhirnya saya harus mengikuti ujian mandiri untuk kembali masuk universitas di jurusan yang saya inginkan. Jangan salahkan Cantik, dia sangat bertanggung jawab. Biaya kuliah saya di semester pertama saat itu ditanggungnya. Kami bertemu lagi, Cantik meminta maaf atas ide tak wajar itu. Yang dia sendiripun heran, mengapa ide itu terlintas. Mungkin, karena nama kami sama, sehingga dia merasa memiliki pengganti. Seperti anak kembar.

Hehehe... Nama sama, sama-sama juga apesnya. Lama saya tak mendengar kabar Cantik. Semoga dia selalu sehat dan bahagia. Sukses selalu, kak Cantik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hujan Belatung

Atap rumah bocor lalu air menetes saat hujan deras pasti sudah biasa. Tapi bagaimana jika yang menetes dari atap ke lantai adalah belatung? Peristiwa ini pernah saya alami saat masih menjadi anak kost di Samarinda. Saya ngekost bersama Jayanti, karena sama-sama dari Tarakan. Kami juga sudah bersahabat sejak lama. Dari SMP. Iya, geng CS2G. Hehehe Saya dan Jayanti teman sekamar. Kami ngekost di daerah Pramuka, dekat dengan kampus. Kost itu di bilangan Pramuka 17. Kost dua lantai yang punya banyak kenangan. Kami tinggal di kamar khusus untuk dua orang. Kamar itu baru dibangun dan beda dari yang lain. Awalnya ruangan yang akhirnya menjadi kamar itu adalah sebuah dapur. Karena menurut pemilik kost, dapurnya terlalu luas dan tidak banyak yang menggunakan. Alhasil, disulaplah ruangan itu menjadi sebuah kamar dengan dinding yang telah dihiasi keramik-keramik berwana biru. Jika ada yang pernah berkunjung kamar kost kami, pasti mengatakan seperti kamar mandi. *** Malam itu hujan turun. Ka

Pikiran Kosong

Sering kali diam. Sering kali tak terlihat ingin belas kasih. Sering kali tenggelam sendiri dalam pikiran-pikiran bijak. "Aku mampu. Aku bisa," kata hati. Hidupku sulit. Hidupku rumit. Semoga kau menerima.

PROLOG

Bismillah... Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pertama-tama saya mengucapkan rasa syukur masih mengingat email dan password blog ini, sebab sudah lama sekali meninggalkan dunia blogger. Beberapa platform serupa blogger pun telah banyak bermunculan, seperti tumblr yang terakhir kali eksis meskipun diblokir beberapa bulan lalu. Kedua, sebenarnya saya malu membuka kembali blog ini. Tapi dengan berbagai pertimbangan yang telah disepakati dengan seorang kawan, saya rela membongkar lagi aib di masa lalu. Sedikit saya menceritakan, blog ini telah menemani saya sejak kelas 3 SMP. Saat itu masih tahun 2009. Di usia yang masih belia, memiliki blog seperti ini rasanya sudah tergolong jenius. Dari prosesnya membuat email , dan lihat saja alamat emailku begitu berkarakter, menunjukkan siapa idolaku dulu. Lalu membuat halaman web gratis ini masih di warnet. Copy-paste HTML untuk temanya. Kemudian mempercantik halaman dengan berbagai alat seperti jam, kalender, gliter, dan yang paling

RaZiA.....

W E W Gak disangka-sangka,, Gak didug a-duga,, Wuhh,,, di jam pelajaran ke 5, pelajaran Biologi,. Datang segerombol orang yang terdiri dari Bpk. Agus Bachtiar, Kak Rizky (Ketua OSIS), Kak Musdalifah,Kak Ririn, dLL. Apa maksud dari semua ini ? (Sok dramatiz..). Mereka menyuruh Qami berdiri di depan kelas dan berbaris.. Muka serius, celingak-celinguk, begitulah expresi mereka,. Ternyata eh ternyata,, mereka datang untuk memeriksa tas dan hp anag2 X-C alias di RAZIA.... Bikin kaget za !!! (Mana aQ gE buka FB,, secepat kilat langsung aQ Exit !! Ciiaaattttt.... Aman !) Qami disuruh maju ke depan kelas untuk diperiksa pakaiannya. Kalo cowo2nya pLus ama pemeriksaan rambut !!! (Pada di petal tuch rambut yang sampe kerah baju,, ^_^) Untungnya tuch hp gak di periksa sampe ke dalam2nya ! Maksudnya SMS , Folder Photo2 narsiz , and Laen sebagainya,. (Kan malu ! *.*) Selesai RAZIA,, Di kelas X-C ,, Riuh rendah terjadi karna syok , bingung , & komentar sana-sini semua anag... "Un

Satu Hari Yang Melelahkan

Sabtu, 12 September 2009 adalah hari dimana kegiatan terasa menyenangkan buat Q. Karena pada hari sebelumnya, Jum'at,11 September 2009 pengumuman penyaringan TIM Website diumumkan dan aQ akhirnya bisa lolos juga. Setelah apa yang aQ alami sebelumnya, di tes pertama aQ gagal, tapi kobar semangat Q tak membuatku menyerah ! aQ tetap berusaha dengan menjadi Maganger . (Ciaa,eLLahhh... Kata-katanya tuch bhe !! ^^) Jadi, untuk yang terpilih menjadi TIM Website yang di beri nama " We PiaRCy" (Website Programing Revolution Communuty) akan mengikuti piknik bukan sekedar piknik, tapi juga belajar ke Amal dan dilanjutkan dengan buka bersama di Lab.Komputer SMA N 1 Tarakan . Dengan membayar 20 ribu per orang (tidak membawa kendaraan) dan 15 ribu per orang (bawa kendaraan) sangat puas rasanya. Ditambah lagi berkumpul dengan orang-orang yang menurutQ super asik. Pukul 14.30 kami sudah bersiap di sekolah untuk pergi ke Amal. Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang, aQ yang dibo